Minggu, 03 Maret 2019

KURIKULUM PPTQ SMA KHADIJAH


Pendidikan nasional memiliki fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter positif serta peradaban bangsa yang bermartabat. Sebuah bangsa sebesar apapun tanpa dikuatkan dengan penduduknya yang hebat, pribadi raykat yang berpendidikan maju, maka hanya akan melemahkan potensi kemandirian bangsa. Oleh sebab itu tujuan utama dari diselenggarakannya suatu pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berjiwa kuat, berwawasan luas, berkeimanan dan taqwa kepada Yang Maha Kuasa, atau sebagaiman deskripsi yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.

Peningkatan mutu adalah hal terpenting dalam pendidikan berskala nasional karena menjadi modal nomor satu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Lalu, peningkatan relevansi pendidikan juga merupakan hal penting dalam rangka menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan zaman. Upaya ini dilakukan bersamaan dengan peningkatan efisiensi manajemen pendidikan, melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan  secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.



Kompleksitas pergaulan yang membawa berbagai dampak pada laju kehidupan modern, membutuhkan pengawalan pengetahuan yang kuat sebagai penanaman nilai kebijakan pribadi dan pelatihan penguatan karakter seseorang khusunya keimanan pada diri peserta didik menjadi control diri yang paling tepat untuk saat ini. Betapa banyak contoh dimana seorang anak yang lahir dari keluarga baik-baik, besar di lingkungan keluarga, akan tetapi ketika beranjak dewasa lepas dari pengawasan orang tua, berbaur dengan kelompok atau komunitas yang tidak bernilai positif, pada akhirnya anak tersebut menjadi beban malu orang tuanya karena terjerumus pada hal-hal negative.

Memperhatikan kondisi di atas, Khadijah ikut andil dalam memajukan para anak bangsa khususnya para remaja wanita lulusan SLTP atau yang sederajat. Di bawah naungan Yayasan Insan Madani Lampung, Khadijah berdiri dan menjadi nama Unit Pendidikan setingkat SLTA yang terintegrasi dalam Pesantren Tahfizhul Quran. Jenjang pendidikannya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan penerapan kurikulum 2013 Revisi sehingga Pondok Pesantren Tahfizh ini melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan 2 kurikulum utama yaitu Diniyyah dan Diknas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar